Cara memperbaiki tas kulit yang rusak

Tags : httpswebfacebookcomkonveksitascirebon
Date :02 Juni 2017

Permukaan tas kulit bisa saja mengelupas atau robek. Ada cara memperbaiki tas kulit yang rusak seperti semula agar dapat dipergunakan kembali. Memang semua bahan tas atau dompet yang berbaghan kulit bisa saja rusak karena banyak sebab sehingga mengakibatkan kerusakan yang fatal seperti terkelupas pada bagian atasnya atau malah robek hingga berlubang. Kulit merupakah salah satu bahan pembuat tas dan dompet yang sangat tahan di segala cuaca. Walau begitu, tetap saja kulit dapat mengalami kerusakan karena kurang memperhatikan kondisinya. Untuk memperbaiki tas kulit yang rusak karena terkelupas pada bagian permukaannya, ada solusi yang mudah bagi anda. Dalam artikel tips bermanfaat berikut kami akan memberikan ulasan mengenai cara memperbaikinya dengan benar.

Baik tas kulit yang asli maupun yang sintetis, sangat rentan mengalami kerusakan. Salah satu bentuk kerusakan tersebut adalah pengelupasan pada bagian permukaannya. Namun, di antara kedua jenis tas tersebut, yang paling rentan mengalami pengelupasan adalah tas kulit sintetis atau buatan.

Dibandingkan tas kulit asli, tas kulit berbahan sintetis memang menghadapi problem mudah mengelupas lebih tinggi. Mengapa demikian?

Jangankan tas kulit sintetis, material keras seperti tembaga dan besi saja pada akhirnya akan menghadapi masalah ini. Paparan sinar UV, perubahan suhu hingga kelembaban sangat terkait dengan pengelupasan tas kulit sintetis karena ia mudah mengalami pengeringan.

Rincinya, ketika suhu naik, kelembaban tas akan berkurang jauh melebihi tas kulit asli sehingga permukaannya retak. Belum lagi ditambah dengan paparan intens sinar UV dari matahari dan kelembaban udara yang rendah. Tas yang awalnya hanya retak akan pecah dan mulai mengelupas. Faktor lain yang bersifat mekanis seperti tergores benda lain juga bisa memperparah atau malah menjadi penyebab tunggal tas kulit mudah mengelupas.

Bagaimana agar tas kulit tidak mudah mengelupas?

Ketika sudah mengelupas, jelas tas akan terlihat sangat buruk. Langkah untuk mengatasinya bisa dibilang tidak ada (kecuali mengganti bagian yang sudah mengelupas). Untuk itulah, sangat penting mencegah tas kulit mengelupas dengan langkah-langkah yang tepat. Aplikasikan tips-tips di bawah ini agar tas bisa bertahan lebih lama tanpa mengalami pengelupasan:

  • Hindarkan tas dari paparan sinar matahari yang terik dalam waktu lama. Paparan terik sinar mentari yang terlalu lama bisa membuat kelembaban tas berkurang sehingga lapisan tas pecah.
  • Simpan tas di tempat yang ruangnya cukup. Jangan menyimpan tas dengan menumpuknya bersama benda lain. Tekanan serta goresan akibat bersentuhan dengan benda lain bisa membuat lapisan tas kulit mudah mengelupas.
  • Jangan pernah menyimpan tas di dalam plastik. Tekanan, kelembaban, dan suhu yang besar di dalam plastik bisa membuat tas kulit mudah mengelupas.

Jika telah terjadi apa yang bisa dilakukan untuk mereparasi tas kulit yang telah mengelupas, untuk hal ini harus saya katakan tergantung pada tingkat kerusakan. jika masih pada tingkat kecil ada beberapa cara memperbaiki tas yang rusak tersebut.

Yang pertama dengan merekatkan kembali bagian yang mengelupas dengan lem, hingga tiap bagian menyatu kembali, hal ini tergolong mudah jika bagian yang mengelupas sedikit. Lalu bagaimana jika bagian yang mengelupas ini telah berguguran ? Kamu bisa mengunakan semir, cat atau spidol dengan warna yang senada, oleskan perlahan pada bagian yang terkelupas hingga bagian tersebut menyerpai bagian lain yang masih belum terkepas, mudah kan.

Lalu bagaimana jika kerusakannya telah tergolong berat ? Kamu bisa memperbaiki tas yang mengelupas dengan cara yang lebih kreatif lagi yaitu dengan mengubah tampilanya, menambal bagian yang mengelupas dengan kain yang memiliki warna dan corak yang senada, jahit dan hal ini tidak hanya akan mengatasi masalah kamu namun juga akan mengubah tampilan tas tersebut menjadi berbeda dan baru.

Apakah karena sering terkena air sehingga mengelupas?

Seandainya tas sudah terlanjur terkena air, segera keringkan dengan lap kering dan bertekstur lembut. Jamur dapat dihilangkan dengan cara menggosoknya dengan lap bertekstur lembut. Kalau bercak putih itu ada di bagian dalam tas, bersihkan dengan sikat halus lalu gosok dengan lap kering. Anda bisa pakai sabun khusus kulit atau krim pembersih khusus untuk kulit, keduanya dapat diperoleh di pasar swalayan. Agar mengkilap, gosoklah dengan kain lembut.

Intinya Jika sedang tidak dipakai, simpan tas dalam kantong penyimpan (dust bag) dan jangan lupa keluarkan telebih dahulu isi di tas itu. Jika cukup lama disimpan, sesekali tas dapat dikeluarkan dan diangin – anginkan, tujuannya agar tas kulit kita tidak lembab.

Mengapa dalam tas kulit selalu ada binatang kecil?

Hati – hati bagi anda yang menyimpan tas genuine leather anda didalam lemari kayu, ada beberapa binatang kecil yang sangat menyukai tinggal di dalam lemari kayu..seperti tungau, rayap dll

Disini saya mau berbagi pengalaman menghindari binatang – binatang kecil pengganggu itu, sebenernya gampang, sering – sering bongkar isi lemari kita, keluarkan semua koleksi tas anda, kosongkan lemari, dan gunakan minyak kayu yang seperti vernish kayu, jangan hanya bagian luar saja yang kita lap, tapi dalam-dalamnya juga, diamkan sementara waktu hingga bau cairan tersebut tidak terlalu menyengat lagi, agar tidak terserap kedalam tas kulit kita nantinya. Selain itu seperti yang saya tulis diatas, jangan lupa menaruh kamper/penyerap lembab didalam lemari anda. Lakukan hal seperti ini sebulan sekali.

Binatang kecil ini tidak akan memakan genuine leather anda, tetapi dia akan memakan lapisan karet yang ada disetiap tas kita, nah untuk yang masih suka memakai fake leather, hati – hati terhadap ngengat ini, dia akan menggerogoti fake leather anda sehingga tas anda akan pecah – pecah dan akhirnya mengelupas.